Posisi Tidur yang Aman untuk Ibu Hamil Muda

Posisi Tidur yang Aman untuk Ibu Hamil Muda

Banyak yang harus disesuaikan saat hamil. Mulai dari penyesuaian tenaga, kegiatan sehari-hari, sampai cara tidur.

Saat hamil muda, perihal tidur juga jadi hal penting. Bagaimanapun, ibu hamil harus memiliki jam tidur yang cukup untuk stamina yang maksimal dan juga untuk perkembangan janin.

Namun sayangnya, tidur saat hamil muda tak bisa seperti biasa saat sebelum hamil. Perasaan tidak nyaman dan was-was membuat para ibu hamil bingung dengan posisi tidur yang aman. Jika salah posisi, bisa saja akan membahayakan janin. Aduh!

Dirangkum maquillaje-para.net, inilah beberapa posisi tidur aman untuk ibu hamil muda:

1. Posisi tidur miring ke kiri

Tidur miring sering jadi pilihan posisi bagi para ibu hamil. Dengan memilih posisi ini, Mama bisa merasa nyaman dan aman terhadap janin.

Tak hanya itu, posisi miring, terutama miring ke kiri juga jadi yang paling disarankan. Posisi ini mampu meningkatkan jumlah darah dan nutrisi ke plasenta dan juga janin.

Untuk kenyamanan lebih, Mama bisa menyangga bantal di bagian punggung. Jika masih kurang nyaman, bisa menyelipkan guling di antara paha agar tidur bisa lebih rileks.

2. Posisi telentang

Karena masih hamil muda, perut belum terlalu besar. Tentu hal ini membuat posisi telentang jadi pilihan lain para ibu hamil.

Ternyata tak hanya nyaman, namun posisi ini juga cenderung aman bagi Mama yang tengah hamil muda. Posisi ini membebaskan perut dari tekanan apapun. Jadi, baik Mama dan janin sama-sama nyaman.

Posisi ini masih aman dilakukan sampai maksimal umur kehamilan 20-25 minggu. Hindari tidur telentang di atas umur kandungan 26 minggu karena bisa memberi tekanan berlebih pada aorta dan venacava inferior.

Di mana pembuluh-pembuluh darah ini berada merentang di sepanjang punggung untuk membawa darah dari jantung ke sekujur kaki. Selain itu, semakin besar perut, akan semakin sulit bernapas jika tidur telentang. Tentu ini membahayakan bagi ibu hamil, ya.

3. Tidur setengah duduk

Bagi beberapa ibu hamil, saat hamil muda kerap merasakan nyeri di ulu hati. Saat seperti itu, tidur posisi apapun rasanya tetap salah dan tidak nyaman.

Nyeri ulu hati pada ibu hamil sering dipicu oleh hormon progesteron yang merelaksasi otot antara lambung dan kerongkongan. Sehingga asam lambung dan makanan bisa kembali berbalik ke esophagus.

Salah satu posisi yang bisa membantu menyamankannya adalah dengan tidur setengah duduk. Tempatkan bantal agak banyak di punggung dan sandarlah sampai agak tinggi.

Tak perlu sampai 45 derajat karena akan membuat bokong sakit. Cukup agak tinggi namun masih dalam posisi rebahan yang nyaman.

Saat memilih posisi ini, jangan ragu kelilingi badan dengan bantal agar tidur lebih nyaman ya, Ma.

Baca Juga: Kapan Perlu Minum Obat Batuk?

Itulah posisi tidur yang aman untuk ibu hamil muda. Memilih posisi tidur yang tepat bisa mempengaruhi kualitas tidur malam Mama. Jadi, pilih yang paling nyaman, ya!