Kampus Kedokteran Terbaik di Dunia dan Prospek Kerja

Kampus Kedokteran Terbaik di Dunia dan Prospek Kerja

Kampus kedokteran terbaik di dunia tersedia dengan menawarkan kurikulum berkualitas agar kamu dapat menuntaskan perkuliahan sarjana kedokteran dari enam tahun, menjadi hanya empat tahun saja. Beberapa lembaga perguruan tinggi tersebut juga menawarkan pendidikan kedokteran melalui kursus, dan membuka kelas kecil setiap tahunnya.

Tidak hanya memberikan sistem belajar praktik, beberapa lembaga tersebut justru memberi peluang berkontak langsung dengan pasien dari semester pertama, bekerja pada bidang kedokteran dengan mengisi lowongan pekerjaan pada rumah sakit mitra kampus. Atau, bisa juga dengan menyediakan jaringan alumni global agar perkembangan karir lebih terjamin bagi para alumninya.

Kampus Jurusan Kedokteran Terbaik Dunia

Setiap hari, selalu ada penelitian teknologi kedokteran, menjadikan standar industri pada bidang tersebut terus dibutuhkan. Banyak perusahaan besar melakukan investasi hingga jutaan dolar agar dapat mengembangkan berbagai obat, vaksin, dan lainnya untuk mengatasi berbagai penyakit.

Jika pilihan kampus kedokteran adalah masalah serius untuk perencanaan kuliah kamu, berikut adalah pilihan tepat untuk perguruan tinggi kedokteran yang dapat kamu pilih.

1. University of Oxford

Universitas Oxford menyediakan program jurusan kedokteran dengan adanya pra-klinis atau klinis. Selama menjadi mahasiswa, kamu akan belajar ilmu teori, beberapa mata kuliah memberikan peluang melakukan kontak langsung dengan pasien.

Pada masa terakhir, perkuliahan berjalan dengan fase klinis, yaitu kamu harus menghabiskan waktu lebih banyak dengan mengurus pasien Rumah Sakit John Radcliffe.

Setiap tahun, University of Oxford hanya membuka peluang belajar ilmu kedokteran bagi 150 siswa saja, 30 siswa diantaranya adalah mahasiswa program pascasarjana, dengan jadwal kuliah lebih padat.

Fasilitas University of Oxford adalah dua gedung perpustakaan utama, khusus studi kedokteran dan klinis. Tidak hanya program perkuliahan pendek, Oxford juga menawarkan banyak hal pada mahasiswa internasional, termasuk kehidupan kampus, tutorial langsung, juga acara sosial.

Baca Juga: 10 Universitas Negeri dengan Jurusan Psikologi Terakreditasi A

2. Harvard University

Dengan tiga misinya yaitu mendidik, meneliti serta menyediakan perawatan klinis pada fakultas kedokteran, Harvard University yang berdiri pada tahun 1782 tersebut telah menyediakan sekolah kedokteran di Amerika Serikat.

Fakultas kedokteran juga menyediakan departemen sains lain, termasuk menyediakan peluang kerja bagi mahasiswa pada bidang klinis. Universitas ini menyediakan lapangan kerja setelah bermitra dengan berbagai rumah sakit di Boston.

Harvard juga menyediakan sistem belajar berbasis masalah dalam kurikulum. Terdapat program khusus dengan total 30 mahasiswa saja per tahun, secara spesifik menawarkan penelitian biomedis.

3. University of Cambridge

Selanjutnya, sebagai kampus kedokteran terbaik di dunia, kamu dapat memilih universitas tersebut untuk rencana perkuliahan sarjana kedokteran. Sebagai lulusan nanti, kamu punya banyak pilihan bidang kedokteran untuk dipelajari, yaitu program pascasarjana lebih singkat.

Seleksi University of Cambridge terbilang ketat, karena kamu harus bersaing dengan 260 mahasiswa agar dapat diterima pada program kursus tersebut. Universitas ini juga terkenal sebagai lembaga perguruan tinggi dengan keberhasilan mencetak alumni, berkarir sebagai dokter umum, atau bekerja di NHS, Inggris Raya.

4. Imperial College London

Kuliah dari semester pertama, Imperial College London langsung memberikan peluang mahasiswa agar kontak langsung dengan semua pasien, berbeda sekali dengan berbagai universitas tradisional lainnya di Inggris. Untuk program sarjana dapat kamu tuntaskan dalam waktu enam tahun, termasuk gelar sarjana sains diluar MBBS.

Syarat masuk Imperial College London juga terbilang tinggi, karena kamu harus mempunyai kemampuan pengetahuan tinggi dalam hal kimia, biologi, serta harus memenuhi nilai ujian BMAT. Kamu juga harus mengikuti tahap interview sebagai syarat menjadi mahasiswa resmi lembaga perguruan tinggi tersebut.

5. Stanford University

Stanford University menyediakan sekolah pascasarjana, program master juga PhD bagi seluruh mahasiswa yang ikut pelatihan medis. Perguruan tinggi ternama tersebut sekaligus menjadi tempat belajar bagi enam penerima nobel, 42 member Institute of Medicine dan 31 member National Academy of Science.

Seluruh peneliti Stanford University melakukan riset pada berbagai bidang, termasuk kanker, genetika, ilmu saraf, dan imunologi. Sekolah ini menyediakan perawatan khusus anak-anak, dan orang dewasa.

Prospek Kerja Jurusan Kedokteran

Kampus jurusan kedokteran terbaik di dunia merupakan tempat terbaik untuk belajar tentang berbagai penyakit serta cara pengobatannya seperti oftalmologi, fisioterapi dan yang lainnya. Selain menjadi pilihan jurusan paling dihormati, profesi kedokteran memberi banyak manfaat bagi masyarakat.

Beberapa kampus juga menawarkan program sarjana, diploma, pra-universitas, pascasarjana, doktoral, atau program riset. Dengan memilih kampus kedokteran terbaik sedunia, kamu juga berpeluang belajar Bahasa Inggris, memiliki pengalaman global, serta masuk dalam jaringan alumni internasional untuk perkembangan karir.