Daftar Universitas Terbaik di Indonesia, yang Mana Kampus Incaranmu?

Daftar Universitas Terbaik di Indonesia, yang Mana Kampus Incaranmu?

Kampus unggulan selalu menjadi incaran banyak orang. Pasalnya, universitas terbaik akan menyediakan tenaga pengajar kompeten serta transfer ilmu yang berkualitas. Alhasil, sejumlah perguruan tinggi akan lebih menonjol dan populer lantaran beragam prestasi dan riwayat kompetensinya yang kredibel.

Memilih perguruan tinggi yang tepat juga bisa menentukan jalan kesuksesan seseorang. Agar tidak salah pilih, telusuri terlebih dahulu berbagai pilihan universitas terbaik yang ada di Indonesia. Berikut 50 universitas terbaik di Indonesia menurut 4 International College & Universities (4ICU University Ranking) 2021.

Baca Juga: 10 Universitas Terbaik vs Universitas Favorit di Indonesia

50 Universitas Terbaik di Indonesia versi 4ICU UniRank 2021

Ranking Universitas Lokasi
1 Universitas Gadjah Mada Sleman
2 Universitas Indonesia Depok
3 Universitas Brawijaya Malang
4 Universitas Airlangga Surabaya
5 Universitas Pendidikan Indonesia Bandung
6 Universitas Negeri Yogyakarta Sleman
7 Institut Pertanian Bogor Bogor
8 Universitas Diponegoro Semarang
9 Universitas Padjadjaran Sumedang
10 Universitas Negeri Semarang Semarang
11 Institut Teknologi Bandung Bandung
12 Universitas Sebelas Maret Surakarta
13 Universitas Bina Nusantara Jakarta
14 Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
15 Universitas Negeri Malang Malang
16 Universitas Udayana Badung
17 Universitas Muhammadiyah Surakarta Surakarta
18 Universitas Hasanuddin Makassar
19 Universitas Muhammadiyah Malang Malang
20 Universitas Islam Indonesia Sleman
21 Universitas Sumatera Utara Medan
22 Universitas Andalas Padang
23 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Bantul
24 Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Surabaya
25 Universitas Lampung Bandar Lampung
26 Universitas Gunadarma Depok
27 Universitas Telkom Bandung
28 Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Tangerang Selatan
29 Universitas Mercu Buana Jakarta
30 Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Malang
31 Universitas Jember Jember
32 Universitas Jenderal Soedirman Banyumas
33 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Sleman
34 Universitas Syiah Kuala Banda Aceh
35 Universitas Dian Nuswantoro Semarang
36 Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru
37 Universitas Negeri Padang Padang
38 Universitas Esa Unggul Jakarta
39 Universitas Bengkulu Bengkulu
40 Universitas Negeri Surabaya Surabaya
41 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
42 Universitas Pasundan Bandung
43 Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Makassar
44 Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
45 Universitas Jambi Jambi
46 Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Sleman
47 Universitas Muhammadiyah Semarang Semarang
48 Universitas Kristen Petra Surabaya
49 Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
50 Universitas Pamulang Tangerang

Baca Juga: Biaya Kuliah di Universitas Indonesia

Top 10 Universitas Terbaik di Indonesia

  1. Universitas Gadjah Mada

    Universitas Gadjah Mada atau UGM adalah perguruan tinggi negeri yang mendapat akreditasi A dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) 2017. Dengan jumlah program studi yang meraih akreditasi A sebanyak 205 (berdasarkan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) Kemdikbudristek).

    Sementara menurut QS World University Rankings (WUR) 2022, UGM menduduki peringkat kampus terbaik #254 sedunia. Hal itu juga yang menjadikan UGM sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

    Dengan motto “mengakar kuat, menjulang tinggi”, saat ini UGM sudah memiliki 2 sekolah (Sekolah Pascasarjana dan Sekolah Vokasi) dan 18 fakultas. Presiden Jokowi sendiri merupakan alumni UGM, jurusan Kehutanan.

  2. Universitas Indonesia

    Universitas Indonesia atau biasa dikenal dengan sebutan UI adalah perguruan tinggi negeri yang terletak di Depok dan berbatasan dengan Jakarta Selatan.

    Pada tahun 1950an, UI mempunyai 3 lembaga dan 9 fakultas yang tersebar di lima kota, yakni Jakarta, Bogor, Bandung, Surabaya, dan Makassar. Namun, saat ini, setidaknya terdapat 15 fakultas dengan persaingan sangat ketat dalam SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

  3. Universitas Brawijaya

    Universitas Brawijaya berhasil menduduki posisi ketiga universitas terbaik versi 4ICU 2021. Selain itu, Brawijaya bertengger di #42 Top Universities untuk tingkat Asia.

    Berdiri sejak Januari 1963, Universitas Brawijaya berlokasi di Ketawanggede, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur. Universitas ini mempunyai 104 program studi yang telah mendapat akreditasi A dari Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) Kemdikbudristek.

  4. Universitas Airlangga (UNAIR)

    UNAIR didirikan pada 10 November 1954 dengan kisah sejarah yang panjang. Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum ini menyandang motto, “Excellence with Morality”. Dengan kampus utamanya yang berlokasi di Surabaya, Universitas Airlangga diketahui terakreditasi A.

    Universitas ini mempunyai total 15 fakultas. Di antaranya yaitu Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Hukum, Ekonomi dan Bisnis, Kedokteran Hewan, Vokasi, Keperawatan, Teknologi Maju dan Multidisiplin, FISIP, Perikanan dan Kelautan, Psikologi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Budaya, Sains dan Teknologi, serta Farmasi.

  5. Universitas Pendidikan Indonesia

    Kampus utama Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) terletak di Jl. Dr. Setiabudi No. 229, Isola, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat.

    Dengan sistem multikampus, UPI mempunyai total enam kampus yang berada di Banten dan Jawa Barat, yaitu Serang, Tasikmalaya, Cibiru, Purwakarta, dan Sumedang.

    Berdiri sejak 20 Oktober 1954, dulunya UPI bernama IKIP Bandung (Institut Keguruan Ilmu Pendidikan). Dengan motto “A Leading and Outstanding University”, UPI terus meningkatkan kualitas dan kompetensinya dari hari ke hari.

  6. Universitas Negeri Yogyakarta

    Salah satu kampus favorit lainnya ialah Universitas Negeri Yogyakarta. Berdiri sejak 21 Mei 1964, awalnya universitas ini mempunyai nama lain, yakni Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

    Menyandang motto “Leading the Future Education”, universitas ini mempunyai sejumlah fakultas favorit. Di antaranya yaitu Ilmu Keolahragaan, Ilmu Sosial, Teknik, Ekonomi, Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Seni, Matematika dan IPA, serta beragam program pascasarjana.

    Kampus yang terakreditasi A tersebut berlokasi di Kota Pelajar, Yogyakarta. Tepatnya di Jl. Colombo Yogyakarta No. 1, Karang Malang, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

  7. Institut Pertanian Bogor (IPB University)

    Berdiri sejak 1 September 1963 di Bogor, Institut Pertanian Bogor mempunyai beragam fakultas, Sekolah Vokasi, Sekolah Bisnis, dan Sekolah Pascasarjana dengan lebih dari 100 program studi.

    Pada 26 Desember 2000, IPB menjadi BHMN (Badan Hukum Milik Negara). Pada tahun 2005, IPB juga menerapkan sistem mayor minor bagi peserta didiknya. Ini berarti mahasiswa bisa mengambil dua jurusan atau lebih untuk ditekuni.

    Berdasarkan penilaian dari Business Innovation Center-Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI, IPB menjadi kampus dengan inovasi paling banyak di Indonesia. Pencapaian ini bahkan bertahan hingga satu dekade lamanya (2008-2018). Kemudian IPB berganti nama menjadi IPB University pada medio tahun 2019.

  8. Universitas Diponegoro

    Pada tahun 1957, Universitas Diponegoro (Undip) didirikan sebagai perguruan tinggi swasta. Namun di tahun 1961, Undip dengan maskot Pangeran Diponegoro ini lantas berganti menjadi perguruan tinggi negeri.

    Kampus yang terletak di Jl. Prof. Sudarto No. 13 Tembalang, Semarang, Jawa Tengah ini memiliki beragam pilihan disiplin ilmu. Seperti Ekonomi dan Bisnis, Peternakan dan Pertanian, Perikanan dan Ilmu Kelautan, Hukum, Sains dan Matematika, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan masih banyak lagi.

  9. Universitas Padjadjaran

    Universitas Padjadjaran atau biasa disingkat Unpad telah berdiri sejak 11 September 1957 silam dan meraih akreditasi sangat baik (A). Nama Padjadjaran berasal dari Pakuan Pajajaran, sebuah kerajaan Sunda pada tahun 1473-1513 M di bawah pimpinan Raja Prabu Siliwangi.

    Kampus utamanya berada di Jl. Raya Bandung Sumedang KM.21, Hegarmanah, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Adapun kampus keduanya terletak di Jl. Dipati Ukur, Bandung.

    Awalnya, Universitas Padjadjaran berstatus BLU (Badan Layanan Umum). Namun pada Oktober 2014, statusnya kemudian berganti menjadi PTN BH (Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum).

    Hingga kini, Unpad telah memiliki 16 fakultas dan program pascasarjana mencakup program doktor (S3), magister (S2), sarjana (S1), diploma III (D3), diploma IV (D4), hingga LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat).

  10. Universitas Negeri Semarang

    Awalnya, UNNES alias Universitas Negeri Semarang ialah eks-IKIP yang berdiri sejak 1965. Namun belakangan statusnya mengalami peningkatan menjadi universitas.

    Sejumlah jurusan dan fakultas yang dimiliki UNNES di antaranya ialah Hukum, Ekonomi, Ilmu Sosial, Keolahragaan, Teknik, Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Seni, Matematika dan IPA, dan lainnya.

    Sementara itu, UI Green Metric World University Rankings 2021 menetapkan UNNES di peringkat #5 Nasional, ranking #43 dunia, dan dianugerahi predikat The 2021 Most Sustainably Innovative University in Indonesia.

Reputasi Kampus Menentukan Peluang Kerja

Demikianlah informasi mengenai 50 universitas terbaik di Indonesia beserta 10 kampus terunggul dan menjadi incaran banyak orang. Semakin bagus reputasi kampusmu, semakin besar pula peluangmu meraih cita-cita dan masa depan cerah di dunia kerja. Jadi, mau kuliah di kampus yang mana?